Minggu, 01 Maret 2015

PRESTASI SISWA, KARYA SIAPA?

Data prestasi siswa sering menjadi komoditi yang digunakan sekolah untuk buzz marketing sekolah. Seperti yang terpampang di media-media promo sekolah hari-hari ini.

Pantaskah data prestasi siswa menjadi main issue yang dimunculkan di media promo? Jika prestasi siswa tersebut diraih karena sekolah berandil besar kiranya pantas-pantas saja.

Tapi, pada kenyataannya banyak kalau dikaji sebenarnya data prestasi siswa tersebut terlalu hiperbolis untuk mewakili gambaran kondisi kualitas sekolah. Karena jika dibandingkan dengan siswa lain yang belum berprestasi prosentasi siswa berprestasi hanyalah angka yang sangat kecil. Misal ada 5 siswa berprestasi tapi jumlah semua siswa 100 siswa apakah layak untuk dikatakan bahwa sekolah tersebut penghasil siswa berprestasi?

Lebih menyedihkan lagi jika prestasi yang diraih siswa tidak ada peran polesan sekolah karena sebelum berada di sekolah tersebut sang siswa memang sudah memiliki bakat dan prestasi di bidang tertentu. Jika hal itu yang terjadi maka pencantuman prestasi siswa sebenarnya hanya klaim sekolah untuk mendapatkan keuntungan berupa minat calon siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar